Rabu, 20 November 2013


Judul Pribadi “Nasehat diri”
Jazakumullah or Jazakumullah khair sering melintas di telinga atau di akhir Ta’limat, taujih dalam pesan singkat di kalangan kita para aktivis dakwah. Biasanya kata ini sering disingkat dengan “jzkl” saja di ujung pesan.
Sekilas judul ini seperti pilihan, pilihan dalam ucapannya yang tepat dan benar. Saya bukan menjurus di Bahasa Arab, bukan juga pandai dalam berbahasa Arab. Tak ada salahnya berbagi ketika dibagi.
“Afwan, pemakaian kata dalam bahasa Arab itu berbeda sebutan jika ia tertuju pada hanya satu orang Laki- laki atau pada satu orang Perempuan, Jazakallah itu ditujukan bagi seorang Laki- laki, Jazakillah bagi seorang Perempuan, Jazakumullah bagi banyak orang. Kemudian perlu diperjelas Jazakallah memiliki arti: Semoga ALLAH membalas, membalas apa?, tidak cukup dengan mengucap kata Jazakallah saja, akan tetapi ditambahkan Khair setelahnya, hingga bermakna: Semoga ALLAH membalas kebaikannya (-nya yang ditujukan), bukan mengajari ikan berenang.
Paragraf di atas adalah Pesan singkat Sekretaris Umum PD KAMMI Medan Periode 2011-2013 (namanya pasti tau,hehee), sekitar 1 tahun yang lalu tertuju pada saya saat menanyakan suatu hal hingga diakhir pesan saya mengucap Jazakillah, yang secara penempatannya memang sangat salah. Ops.. kira- kira seperti itulah inti dari pesan yang Beliau sampaikan.
Yang membuat saya selalu teringat dari pesan beliau tersebut adalah kalimat akhir yang saya Bold kan, bermakna bahwa dalam mengajari/ menasehati seseorang bukan terus mencamkan kalau yang sedang dibuat orang lain itu adalah salah. “Bukan mengajari ikan berenang” berarti “mengingatkan ikan untuk berenang dengan baik”. Menasehati bukan menggurui.
Pengalaman salah adalah upaya dalam beranjak untuk tidak mengulangi kesalahan setelah diingatkan, yaa,,secara bahasa Arab kan bahasa Surga kita, jadi mesti belajar dari sekarang dunk tuk persiapan bahasa kita di Surga nanti, meski nanti memang langsung bisa..hehe setidaknya sudah diaplikasikan dari sekarang, kan gitu. Syukran katsir akhi, sangat bermanfaat bagi saya pribadi. Jazakallah khairan katsir. ^_~

Ukhti Susilawati~Koordinator Kaderisasi PK KAMMI UISU

1 komentar: